Home / Profil Staf

Profil Staf

Perempuan ini cukup energik penuh dengan kekocakan ketika berelasi bersama teman maupun kelompok dampingan. Istini Anggoro, nama lengkap ibu satu anak ini yang keseharian dipanggil “Isti”. Lahir di  Surakarta 19 April 1983 yang mengaku mempunyai specialist organiser ini bergabung di PPRBM Solo sejak tahun 2012 sebagai fasilitator pendamping komunitas difabel Kabupaten Karanganyar dalam proyek “Pemberdayaan, Advokasi dan Hak Penyandang Disabilitas Pengarusutamaan dan Meningkatkan Pembangunan Inklusif Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (CBR)  Di 7 kabupaten di sekitar Solo dan sekitarnya”. Profesi lain adalah sebagai guru bahasa inggris untuk anak-anak. Tercatat pernah mengajar bahasa Inggris di TK Cemara 2 Surakarta, SD Marsudirini Surakarta, SD Tiga Bahasa Bina Widya Surakarta.

 


Suhartiningsih yang lahir di Sragen  , sosok aktifis perempuan difabel yang berkiprah di Kabupaten Sragen. Hampir sebagian besar hidupnya di dedikasikan untuk kemajuan dan kesetaraan komunitas di Sragen. Hal ini ditandai dengan rekam jejak aktifitas yang dilakukan dari waktu ke waktu seperti : Ketua Bina Akses Kab. Sragen dan Bendahara DPD PPDI Provinsi Jawa Tengah (2015 – sekarang), Ketua PPCI Kab. Sragen (2008 – 2015), Atlet NPC Kab.Sragen (2009 – 2014). Pengalaman kerja  diantaranya :  Bekerja di Pusat Rehabilitasi Yakkum Jogja Bag.Hand Craft,  Apindo Karanganyar Bag. Adminstrasi, Asuransi Jiwa Lippo Sragen Bag. Admin, Koperasi Veteran Primkoveri Sragen Bag.Marketing serta membuka usaha di rumah berupa took kelontong dan ternak ikan lele. Sekarang berabung dengan PPRBM Solo sebagai Petugas Lapangan dalam program  “Pemberdayaan, Advokasi dan Hak Penyandang Disabilitas Pengarusutamaan dan  Meningkatkan Pembangunan Inklusif  Rehabilitasi  Berbasis  Masyarakat (CBR)  di 7 kabupaten di sekitar Solo dan sekitarnya”, untuk wilayah Sragen.


 

 

Ibu dari 2 orang ini bernama Siti Karimah, lahir di Boyolali  13 AGUSTUS 1972. Sebelum bergabung di PPRBM Solo kiprah untuk komunitas difabel dilakukan di Lembaga Interaksi sebagai pendamping program pengembangan ekonomi produksi bagi difabel di kota Solo. Menyelesaiakan S1 pada Fakultas Pendidikan Akutansi Universitas Muhhamad Surakarta pada tahun 2022. Dan sekarang bergabung di PPRBM Solo sebagai pendamping komunitas di Kabupaten Boyolali.

 

 


Nama Suhardi Wiyanto, lebih seriang dipanggil Toha. Menyelesaiakan pendidikan di SMEA Penabur Purworejo dan lulus tahun 1989. Selepas lulus sekolah langsung bekerja pada Staf Keuangan PT. TATAANALISA MULTIMULYA, Surakarta. Tidak puas dengan karier sebagai staff, laki-laki kelahiran 27 Juli 1967 mendirikan PT Direktur Utama PT. SERBAPRIMA ADIPRADANA dan mengangkat dirinya sebagai direktur utama. Kiprah pada issu difabel dimulai ketika dirinya didaulat sebagai  Ketua Forkom SHG pada tahun 2010, Wakil Sekretaris Paguyuban Penyandang Cacat Klaten dan Ketua Alinsi Peduli Difabel Jawa Tengah (2013 – sekarang). Disamping itu dia juga menjabat sebagai Ketua Paguyuban Orang Tua Wali TAE KWON DO Klaten, 2015 – sekarang.

 

 


 

 

Suratin, lahir di Colomadu Surakarta tanggal 20 Agustus 1989 menamatkan pendidikan pada tahun  2008 dan lalu bekerja di STUDIO ANIMASI JAVA LEG YOGYA TAHUN 2008 – 2009.  Pria lajang ini meneruskan pengembaraan pekerjaannya sebagai tukang tato tubuh manusia, sayangnya pekerjaan yang satu ini seringkali mengalami pasang surut, hingga di tahun 2011 memutuskan bergabung di PPRBM Solo, dan sekarang ia duduk sebagai finance officer.

 

 


 

Terlahir dengan  layuh kedua kaki dan mobilitas kini tergantung pada kursi roda, Terlahir di Salatiga  25 Juni 1983, Yohanes Sukiman hanya mampu menyelesaikan pendidikan SMP di  SMP Negri  5 Solo dan lulus tahun 2000. Sebelum gabung di PPRBM Solo pernah bekerja di PT BANGKIT ORGANIK TAHUN 2010 SAMPAI TAHUN 2016 yang seblumnya mencoba peruntungan dengan wiraswasta di rumah. Hobi utama sosok ini adalah travelling. Dia senang melakukan perjalanan menikmati alam dengan kendaraan roda tiganya. Mulai tahun 2016 gabung di PPRBM Solo sebagai staff kesekretariatan.

 

 


 

Raihana Citra Betary, lahir pada tanggal 1 Mei 1999 di Surakarta. Ia merupakan yang paling muda di tim proyek BMZ. Gadis yang masih tercatat sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS angkatan 2016 ini telah menyelesaikan pendidikannya di kota Surakarta diantaranya SDN Purwotomo No. 97 Surakarta, SMPN 2 Surakarta dan SMKN 6 Surakarta (Program Keahlian Multimedia). Selain mencari pengetahuan dan pengalaman baru di isu difabel dia ingin mendedikasikan kemampuan di bidang IT yang dimilikinya ketika memutuskan bergabung dengan PPRBM Solo di tahun 2016.

 

 


Jika melihat sosok dalam foto ini, rasanya tak jauh-jauh dari kelompok Nahdiyin. Dan nyatanya dia duduk di kepengurusan Lakpesdam NU Klaten untuk kajian pengembangan SDM dan Organisasi. Nama lengkap Muh.Nuryadin Edy S.Sos.I, namun teman-temannya lebih sering memangggil “Jojon”, karena kelucuannya. Lahir di Klaten, 25 Mei 1980. Sebelum gabung dengan PPRBM Solo, pernah terlibat pada proyek-proyek PendampingKelompok Program Advokasi Kebikajakan pembanguan klaten yang pro poor antara LKTS – Kedutaan FINLAND, Tim Projek pelaksana progam PRB kerjasama PPCK – Disability Rights Fund (DRF) USA, CD _FM Pamsimas Kemen PU RI dan masih banyak lagi. Keahlian lain adalah pernah menjadi penulis Buku Pemilu Akses bagi Difabel kerjasama dengan KPU Klaten dan pernah sebagai Pimpinan Redaksi Buletin Shastri GP Ansor Klaten. Jabatan terahkir di PPRBM Solo sebagai Manager proyek dari UE.

 


Ir. Wening Swasono Cahyo Pamungkas lahir di Klaten, 9 Nopember 1965. Pria 52 tahun ini boleh dibilang salah satu dedengkot dunia LSM. Mulai berkiprah di dunia LSM tahun  1992 sebagai Fasilitator Lapangan  Yayasan “Mitra Tani” Yogyakarta dan berlanjut pada program-program lain : Koordinator Jaringan Organisasi Non Pemerintah Pendamping Petani (JARNOP PP) se-Jawa, Koordinator Aliansi Rakyat Anti Korupsi Klaten (ARAKK) serta Ketua Dewan Komisaris PT. INSIST PRESS. Pengalaman advokasi yang berhadapan dengan polisi/tentara tahun 90-an menghantarkannya beberapa jabatan bergengsi seperti Ketua Forum Komunikasi dan Informasi Simpul Petani (FKISP) Klaten. Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Rakyat Indonesia (YPRI) Yogyakarta. Senior Fasilitator Perkauman Pendidik untuk Transformasi Sosial (PERDIKAN) YPRI, Tim Fasilitator REMDEC. Bergabung di PPRBM Solo mulai tahun 2016 dalam proyek sebagai pemonitor dan pengevaluasi program


 

 

Namanya cukup singkat Purwanti, lahir di Klaten, 3 Desember 1972 kaya akan pengalaman berkegiatan sosial, terutama di Kabupaten Klaten.  Pada tahun 2010 – 2011 Purwanti  tercatat  Ketua Forum Perempuan Tani Kabupaten Klaten, Tahun  2013 – sekarang Seksi  Advokasi KTNA Kabupaten Klaten.  Pada tahun 2014 Maju Caleg Kabupaten Klaten namun sayang belum berhasil. Dan ditahun 2016 menambatkan hati bergabung di PPRBM-Solo.

 

 


Qoriek Asmarawati, lahir di Klaten, 10 April 1976, jebolan Fakultas Pertanian Jurusan Budidaya Pertanian Program Ilmu Tanah Universitas Sebelas Maret Surakarta. Perempuan yang beralamat di Kadilanggon RT 3/ RW 4, Kadilanggon, Wedi, Klaten dan ibu 2 anak ini cukup banyak pengalaman dalam berkegiatan di NGO. Diantaranya ”TOT CD Gender, Kewirausahaan dan Pengelolaan Sumberdaya Alam (PSDA) bagi Fasilitator Program Participatory Integreted Development in Rainfed Area (PIDRA) di Kabupaten Pacitan Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Tehnologi Perdesaan (LPTP), Fasilitator Freelance Lembaga InterAksi Surakarta dalam Program Integrasi Pemulihan Difabel Melalui Sanggar Kreatif Anak dan Dukungan Mata Pencaharian Keluarga di Desa Birit, Desa Brangkal dan Desa Gondangan Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten Jawa Tengah Kerjasama CWS Indonesia. Pernah juga menjadi Tim Evaluator Program Emergency Respon Banjir di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur Proyek Kerjasama C-Btech Yogyakarta dengan Oxfam Yogyakarta. Pada Januari 2012 – sekarang Pendampingan kelompok dan advokasi perlindungan hak perempuan dan anak difabel di Kabupaten Klaten, Program PPRBM Surakarta kerjasama dengan CBM.


 

Gadis lajang kelahiran Kabupaten Semarang 11 Januari 1985 bernama Siti Dana Panti Retnani, SE. Teman sejawatnya sering memanggil dengan “Jeng Nana”. Perempuan lulusan S1- Ekonomi UPN Veteran Yogyakarta pernah menjadi Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan,Program Kemenpora Penempatan Salatiga (2010-2013), dan aktif di PMI kota Salatiga sebelum bergabung di PPRBM-Solo tahun 2016. Menekuni issu difabel merupakan sesuatu yang baru baginya dan penuh tantangan dalam berkarya. Selain itu, saat ini, dia juga masih melanjutkan studi di Magister Hukum UKSW Salatiga.

 

 


Nama lengkap Achmad Ari Prasetyo, kawan sejawatnya lebih terbiasa memanggilnya Ari. Bergabung dengan PPRBM Solo mulai  bulan Maret 2016 – Sekarang  pada bagian keuangan sesuai dengan latar belakang pendidikan terahkirnya D III / Komputerisasi Akuntansi. Lahir : Surakarta, 14 Nopember 1986. Pria lajang ini pernah mendapat sertifikat dari PSAK Berbasis IFRS 2010, PSAK 2009 dan Pajak Terkini serta tahun  2006 Operator Komputer Berbasis Windows. Solocom Surakarta.  Karier pekerjaan dimulai menjadi Staf Accounting di Perusahaan Daerah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (2010 s/d Mei 2011), Staf Accounting Kantor Pusat (Sept 2012 – Jan 2013), Finance Controlled Kantor Pusat Internal Audit (Jan 2013 –  Okt 2014) dan kepala bagian operasional PT. BPR Sarana Utama Multidana, Jakarta 2014 – Agustus 2015.

 


Agatha Febriany Anjarsari, SS adalah sosok perempuan tuna netra yang mampu selesaikan studi Sastra Indonesia di Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta pada tahun2011 dan melanjutkan Akta 4 Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. Dalam karya satra, perempuan kelahiran Surakarta, 9 Februari 1984 ini pernah menjadi sutradara sekaligus penulis naskah ”Bumi Anakku” dalam Pentas 4 Bulanan dan Peringatan Chairil Anwar tahun 2009-2010. Disamping pentas 3 Kota (Bali, Yogyakarta, dan Solo), naskah berjudul ”Aum”  karya Putu Wijaya. Sebelum gabung dengan PPRBM-Solo pernah berpengalaman menjadi pengajar Komputer Bicara LPK WSC (Widadi Skill Center) Surakarta dan  Pelatih Drama dan Teater SLB Negeri 1 Palangkaraya.