Home / Artikel / Rakor Program Kerja TAD/TPPKPD Kabupaten Wonogiri Tahun 2018

Rakor Program Kerja TAD/TPPKPD Kabupaten Wonogiri Tahun 2018

Tim Pembina dan Pengawas Kesetaraan dan Pemberdayaan Difabel (TPPKPD) Bentuk baru dari TAD Kabupaten Wonogiri yang terdiri dari unsur OPD, Tokoh Masyarakat, OPDis, melaksanakan Rapat Koordinasi untuk menyusun Program Kerja Tahun 2018 di Rumah Makan Oke Resto. Issue dari permasalahan Difabel adalah terkait pelayanan sosial dasar seperti  Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Beberapa persoalan yang cadalah, sebagian besar difabel di Kabupaten Wonogiri termasuk miskin, dan belum memiliki jaminan Kesehatan. Masih banyak sekolah belum menerima difabel sehingga tidak bersekolah. Kurangnya implementasi kuota 1% tenaga kerja difabel di Perusahaan. Banyak bangunan dan sarana prasarana public tidak aksesibel. Solusi Penanganan difabel masih bersifat praktis. Alokasi anggaran dan kegiatan difabel belum merata di semua OPD. Masih banyak difabel yang belum memiliki e-KTP, KK, akte kelahiran.

Program kerja kedepan adalah, menyelesaikan kepengurusan TPPKPD dan mengupayakan Surat Keputusan (SK) Bupati. Dari OPD-OPD siap memfasilitas kegiatan-kegiatan yang pro difabel. Diantaranya dinas kesehatan dan Dinsos siap membantu di bidang jaminan kesehatan. bekerja sama dengan Disdukcapil yang akan melakukan perekaman untuk difabel di program kerja tahun 2018. Dengan harapan difabel masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) Sehingga bisa terkaver di jaminan Kesehatan baik lewat Jamkesda maupun Penerima Bantuan Iuran (PBI). Di BPBD akan memfasilitasi Unit Layanan Difabilitas (ULD) yang akan segera diLounching. Rencana pada bulan Maret 2018.

Dalam sesi Diskusi Bp. Danang Camat Eromoko selaku Ketua Forum Camat Kabupaten Wonogiri menyebutkan, bahwa wilayahnya belum memiliki SLB dan ada gambaran tentang difabel yang kalau bersekolah harus digendong oleh orang tuanya, dari gambaran itu harapan kedepan dari SLB terdekat memberi fasilitasi antar jemput siswa, Kamis (15/2).

Check Also

Mengenal Busana Adaptif yang Memudahkan Penyandang Difabel

Beberapa bulan belakangan, label busana Tommy Hilfiger dan toko retail Asos jadi bahan berita karena …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *