Home / Berita / Workshop Implementasi Kebijakan Progam dan dan Anggaran Bagi Difabel

Workshop Implementasi Kebijakan Progam dan dan Anggaran Bagi Difabel

 

Menyambut bulan –bulan musyawarah perencanaan pembangunan desa,  PPRBM Solo menyelenggarakan  “Workshop Implementasi Kebijakan Progam dan dan Anggaran Bagi Difabel di wilayah dampingan Karanganyar, Sragen, Boyolali, Solo dan Grobogan. Workshop ini melibatkan perangkat desa, Tenaga Ahli (TA) pembangunan desa serta komunitas lokal desa setempat. Kegiatan ini selain mengingatkan komunitas difabel untuk berpartisipasi dalam musyawarah desa (musdes) dengan menyusun dan membuat program yang diajukan ke Musdes  sekaligus  memperkuat sensifitas para aparat desa dalam mengakomodir kebutuhan difabel dalam program serta penganggaran pembangunan desa.

Kegiatan yang dilakukan sehari ini lebih banyak mendialogkan problem-problem yang dihadapi oleh komunitas maupun aparat desa pada proses partisipasi dalam musdes musyawarah pembangunan. Secara umum, pihak aparat desa telah membuka ruang  yangseluas-luasnya pada komunitas difabel meskipun diakui banyak aparat desa yang tidak mengetahui keberadaan komunitas (kelompok) difabel. Justru yang menjadi problem adalah bagaimana komunitas difabel memperkenalkan diri dan  mendorong lebih kuat untuk terlibat dalam proses musyarwarah tersebut, mulai dari masalah proseduran yang belum dipenuhi oleh komunitas sebagai syarat untuk bisa masuk dalam program maupun penganggaran desa sampai bagaimana peran difabel dalam terlibat dalam musdes.  Disatu sisi, pihak TA ditingkat kabupaten maupun desa membuka diri untuk memfasilitasi menjembatani masalah-masalah yang terjadi agar komunitas difabel mampu berpartisipasi dalam pembangunan secara maksimal.

Berikut jadwal penyelenggaraan workshop Implementasi Kebijakan Progam dan dan Anggaran Bagi Difabel. Dimulai dari Kabupaten Wonogiri mengawali kegiatan ini pada tanggal 22 Agusus 2017, disusul Kabupaten Boyolali 26 Agustus 2017, Solo 4 Septeber 2017, Sragen 6 September 2017 dan Grobogan tanggal 16 September 2017.

Check Also

4 Teknologi Ini Bisa Membantu Para Difabel

Hadirnya teknologi menjadikan aktivitas keseharian menjadi lebih mudah, tak terkecuali difabel. Tidak hanya membantu manusia yang memiliki fisik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *