Home / Uncategorized / Penyandang Difabel Di Ngawi Bakal Mendapatkan Perlindungan Hak Lebih Kuat

Penyandang Difabel Di Ngawi Bakal Mendapatkan Perlindungan Hak Lebih Kuat

Perubahan paradigma mengenai penyandang disabilitas semakin menguat sejak pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang disabilitas. Paradigma yang berkembang selama ini langsung dijawab DPRD Ngawi melalui public hearing di gedung dewan setempat, Senin (31/07).

Pada kesempatan tersebut ada 5 Raperda Inisiatif DPRD Ngawi yang masuk dalam pembahasan antara lain, Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin, Perizinan dan Pengawasan Pangan Olahan Produksi Rumah Tangga, Penyelenggaraan Perpakiran, Hutan Kota dan Perlindungan Penyandang Disabilitas.

Terutama menyangkut Perlindungan Penyandang Disabilitas masuk agenda inisiatif dewan setelah desakan dari komunitas difabel yang ada di Ngawi. Perlindungan serta penguatan hak penyandang difabel sebagaimana dimaksudkan antara lain pemenuhan sarana dan prasarana atau fasilitas kaum difabel di berbagai ruang publik, hak untuk mandiri dan kesejahteraan sosial serta lainya.

“Kami dari bagian penyandang difabel sangat berterima kasih atas pemenuhan hak-hak kami yang secara sah dilindungi oleh regulasi. Tentunya jika nanti disahkan secepatnya apa yang termaktub didalam pasal-pasal segera direalisasikan,” terang salah satu penyandang difabel yang enggan disebut namanya.

Terpisah Sutrisno Ketua Public Hearing Raperda Inisiatif DPRD Ngawi menjelaskan, secara prinsip kelima Raperda yang masuk dalam pembahasan demi pemenuhan terhadap produk hukum di Ngawi. Tetapi hal itu dilakukan secara khusus guna melayani secara baik kepentingan masyarakat yang terlindungi oleh hukum.

“Kami yakin semua Raperda yang masuk pembahasan ini terangkum demi pemenuhan hak-hak masyarakat termasuk bagi saudara-saudara kami yang difabel. Mereka mendapatkan hak sama dengan warga masyarakat lainya tidak ada yang termarginalkan,” pungkas Sutrisno.

 

 

Sumber : www.siagaindonesia.com

Check Also

Difabel Beraksi Di “Mbatik On The Street”

Acara “Mbatik On The Street”yang digagas oleh komunitas Karanganyar Cerdas ini merupakan kegiatan yang kedua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *