Home / Berita / Malioboro Makin Keren, Sekarang Dilengkapi Dengan Toilet Khusus Difabel

Malioboro Makin Keren, Sekarang Dilengkapi Dengan Toilet Khusus Difabel

https://cdns.klimg.com/dream.co.id/resized/630x440/news/2017/04/25/55560/jogja-istimewa-akan-ada-toilet-underground-di-dekat-malioboro-170425u_3x2.jpg

Para difabel memiliki kebutuhan fasilitas tersendiri saat akan menggunakan toilet. Terutama saat mereka ada di wilayah wisata. Para difabel ini kerap kesulitan menemukan toilet yang ditujukan sesuai dengan kebutuhan mereka. Tapi dalam waktu dekat toilet khusus difabel itu akan dapat ditemui dan digunakan para difabel di kawasan wisata Malioboro.

Wintawan Alka Putranto, Kepala Pelaksana Proyek Pembangunan Toilet Bawah Tanah Titik Nol Malioboro mengatakan, pada November Pemda DIY menargetkan 20 pembangunan toilet yang langsung dapat segera beroperasi. Ke-20 toilet ini di antaranya juga ditujukan kepada para difabel. Sehingga wisatawan dapat menggunakan toilet sekelas bintang lima.

BA”Toilet semuanya ada 20 tapi khusus untuk difabel ada dua toilet. Ada ruang menyusui juga ini sekelas bintang lima lah,” ujar Wintawan beberapa waktu lalu.

Wintawan mengatakan, toilet ini memang khusus ditujukan untuk difabel, namun ia tidak menjelaskan secara khusus beda antara toilet bagi wisatawan biasa dengan wisatawan difabel. Meski demikian, ia menegaskan jika toilet khusus difabel akan diberi tanda khusus, sehingga peruntukan lebih jelas.

“Bedanya ya hanya menunjukkan ini toilet untuk pembuangan seperti jalan trotoar itu ada bedanya kan tandanya. Kayak gitu kalo fasilitasnya sama,” ujarnya.

Toilet di bawah tanah ini nantinya juga akan dilengkapi cctv untuk memantau kondisi sekitar. Hal ini sebagai bentuk layanan keamanan kepada para wisatawan. Saat ini proyek pembangunan toilet bawah tanah sudah mencapai 55 persen.

Berikut merupakan video dari proses pembangunan toilet bawah tanah di Malioboro.

https://m.vidio.com/watch/785345-ini-penampakan-pembangunan-toilet-bawah-tanah-malioboro

Sumber : lifestyle.liputan6.com

Check Also

Karya Penyandang Difabel Ikut Tampil di JMFW 2018

Ajang Fashion Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2018 kembali digelar. Perhelatan acara fashion ini akan digelar mulai hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *