Home / Berita / Kalsel Kirim Dua Tim Futsal Difabel ke Kejuaraan Asia Tenggara

Kalsel Kirim Dua Tim Futsal Difabel ke Kejuaraan Asia Tenggara

Tim futsal Special Olympic Indonesia (SOIna) Kalimantan Selatan (Kalsel) akan turut serta pada kejuaraan futsal di Brunei Darussalam pada 15-18 Nopember 2017 mendatang.

Kejuaraan yang bertajuk Borneo Cup tersebut merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh SOIna Brunei Darussalam selaku tuan rumah. Sebanyak tiga negara dipastikan berpartisipasi pada tahun 2017 ini.

Tiga negara tersebut yakni Brunei Darussalam, Malaysia, dan Indonesia. Masing-masing negara diwakili dari beberapa provinsi yang disesuaikan dengan kuota dari penyelenggara.

Sekretaris Pengurus Daerah (Pengda) SOIna Kalsel, Sri Rahayu mengatakan pihaknya menyiapkan tiga pelatih yang akan menangani tim futsal di gelaran khusus penyandang disabilitas itu.

“Karena kita dapat dua undangan untuk dua tim futsal, jadi kita siapkan pelatih lebih dari satu,” terang wanita yang akrab disapa Yayu ini.

Para pemain futsal yang mewakili Kalsel di turnamen tersebut, diakui Yayu merupakan para atlet atau tim futsal kabupaten/kota yang menjadi juara pada ajang Popda SOIna, Maret 2017 lalu.

“Tim futsal dari Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Tanahlaut, kuota sesuai undangan yakni 16 pemain, empat pelatih dan satu ketua kontingen,” ujarnya.

Dijelaskannya, setiap tahun Indonesia terutama Kalsel selalu diundang dan turut serta pada turnamen futsal SOIna Brunei itu.

“Indonesia yang diundang hanya Pulau Kalimantan, seluruh provinsi di Kalimantan tahun ini berpartisipasi, di antaranya Kalsel, Kalimantan Utara (Kaltara) sebanyak dua tim, Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Barat (Kalbar), dan Kalimantan Timur (Kaltim) masing-masing mengirim satu tim,” papar Yayu kepada BPost, Kamis (4/7/2017).

Diungkapkannya, Kalsel mengirimkan dua tim futsal karena pada tahun 2018 nanti diharapkan menjadi tuan rumah ajang futsal antar tiga negara se Asia Tenggara itu.

Yayu menuturkan hingga kini para pemain masih belum melakukan latihan secara efektif dan intensif.
“Saat ini masih libur sekolah, jadi latihan masih belum jalan, tapi sesegera mungkin akan dikoordinasikan kepada para pelatih agar menggelar latihan,” ujarnya.

Ia pun berharap para atlet mampu berlaga maksimal dan meraih juara untuk Indonesia khususnya Kalsel.

Sumber : banjarmasin.tribunnews.com

Check Also

Karya Penyandang Difabel Ikut Tampil di JMFW 2018

Ajang Fashion Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2018 kembali digelar. Perhelatan acara fashion ini akan digelar mulai hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *