Home / Berita / Ratusan Difabel Tidak Bisa Akses Kartu Disabilitas

Ratusan Difabel Tidak Bisa Akses Kartu Disabilitas

Seratusan keping Kartu Disabilitas milik difabel Sukoharjo terpaksa ditarik dan tidak bisa lagi diakses. Penyebabnya karena pemegang Kartu Disabilitas tersebut sudah mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Petugas menarik untuk menghindari dobel penerima pelayanan kesehatan terhadap difabel.

Ketua Paguyuban Difabel Sehati Sukoharjo Edy Supriyanto, Kamis (11/05/2017) mengatakan, Kartu Disabilitas diberikan oleh Pemkab Sukoharjo kepada difabel untuk mendapatkan program pelayanan kesehatan gratis. Program tersebut sangat membantu difabel karena tidak lagi harus membayar saat berobat ke rumah sakit.

Namun ditengah perjalanan ada seratusan difabel sudah tidak bisa lagi mengakses pelayanan kesehatan di rumah sakit melalui Kartu Disabilitas. Penyebabnya karena seratusan difabel tersebut sekarang sudah memiliki KIS.

Terkait kondisi tersebut Paguyuban Difabel Sehati Sukoharjo pada dasarnya tidak mempermasalahkan. Namun, Edy mengatakan, pihaknya sudah mengajukan usulan kepada Pemkab Sukoharjo untuk membuat payung hukum terkait Kartu Disabilitas sesuai dengan Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 sebagai identitas dan perlindungan sosial terhadap difabel.

“Seratusan diafebl memang sudah tidak bisa mengakses Kartu Disabilitas karena mendapat KIS. Meski demikian difabel tetap masih bisa mengakses pelayanan kesehatan gratis,” ujar Edy.

Edy menambahkan, pihaknya juga mendapakan keluhan dari difabel pemegang Kartu Disabilitas terkait adanya penolakan rumah sakit. Padahal difabel tersebut hanya mengandalkan Kartu Disabilitas dan tidak memiliki KIS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Masalah itu hanya salah paham pihak petugas rumah sakit dan sudah diselesaikan. Difabel sudah bisa mengakses pelayanan kesehatan,” lanjutnya.

Plt Kepala Dinas Sosial Sukoharjo Sarmadi mengatakan, benar sebanyak seratusan Kartu Disabilitas sudah tidak bisa diakses lagi oleh difabel. Meski demikian seratusan difabel tersebut tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

“Kartu Disabilitas merupakan program Pemkab Sukoharjo. Sedangkan KIS merupakan program pemerintah pusat. Saat Kartu Disabilitas dijalankan ada beberapa difabel belum mendapat KIS. Ditengah perjalanan difabel tersebut ternyata mendapatkan KIS. Jadi Kartu Disabilitasnya sudah tidak bisa dipakai,” ujarnya.

Para difabel yang sudah tidak bisa menggunakan Kartu Disabilitas diharapkan bisa mengerti. Sebab baik Kartu Disabilitas maupun KIS sama sama diberikan dalam program pelayanan kesehatan gratis.

Sumber : krjogja.com

Check Also

Karya Penyandang Difabel Ikut Tampil di JMFW 2018

Ajang Fashion Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2018 kembali digelar. Perhelatan acara fashion ini akan digelar mulai hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *